H. Idi Dapat Kado IGA Untuk Hari Jadi Sampang ke-397

  • Bagikan
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menerima penghargaan dari Kementerian Republik Indonesia (RI)

SAMPANG, Terbitan.com – Untuk kesekian kalinya, Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menerima penghargaan dari Kementerian Republik Indonesia (RI). Selain mengharumkan Nama Kabupaten Sampang, penghargaan ini juga bentuk kinerja yang nyata dari orang nomor satu di Pemerintahan Sampang.

Bertempat di Hotel Sultan Jakarta, Haji Idi, panggilan akrab Bupati Sampang tersebut, menerima penghargaan kategori Kabupaten Sangat Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jum’at (18/12/2020).

Seakan jadi kado hari jadi kabupaten Sampang ke-397 tahun 2020, Penghargaan tersebut dirasa spesial membanggakan bagi Kabupaten Sampang.

Dijelaskan Kepala Bagian Protokol Pemerintah Kabupaten Sampang, Agus Suryantono yang mengaku mendampingi Bapak Bupati Sampang, bahwasanya melalui Sekjen Kemendagri M. Hudori mewakili Mendagri M. Tito Karnavian dalam Sambutannya menuturkan, bahwa inovasi daerah adalah cikal bakal-bakal menuju daya saing daerah, yang terakumulasi menjadi daya saing nasional, sehingga penghargaan itu layak dan sengaja diberikan pada pemerintah daerah yang sudah membuat terobosan baru dan inovasi bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Baca juga:  Dilantik Kapolri Jadi Kabaintelkam, Putra Papua Irjen Paulus Waterpauw Resmi Naik Bintang Tiga

“Itu adalah cikal bakal dari upaya menuju daya saing daerah, lalu terakumulasi menjadi daya saing secara nasional, Sehingga Inovasi harus ada dalam setiap nafas urusan pemerintahan, inovasi harus jadi visi pemda, inovasi jangan sebatas pengetahuan saja, tapi bisa menjadi budaya dan jadi katalis pertumbuhan investasi,” tutur M. Hudori.

Dikatakannya, beberapa tahapan penilaian mulai inputing data, penjaringan, pengisian online, hingga validasi yang berlangsung pada 22 September-21 Oktober 2020, serta perubahan nyata yang dirasakan Masyarakatnya.

Ungkapan di tempat yang sama, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan kado spesial hari jadi Kabupaten Sampang Ke-397-2020, terutama dari buah inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah Sampang selama ini.

“Tentunya ini menjadi modal utama dalam menjalankan roda pemerintahan yang akan datang, sehingga perubahan yang sudah dilakukan bisa terealisasi lebih optimal untuk kepentingan masyarakat Sampang seutuhnya,” harapnya.

Baca juga:  Dilantik Kapolri Jadi Kabaintelkam, Putra Papua Irjen Paulus Waterpauw Resmi Naik Bintang Tiga

Ia juga menambahkan, bahwa penghargaan itu diberikan karena Kabupaten Sampang termasuk salah satu kabupaten yang sangat inovatif dalam perbaikan tata kelola pemerintahan, peningkatan pelayanan publik dan peran serta masyarakat yang tujuan akhirnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Baru tahun ini Sampang memperoleh penghargaan IGA yang telah diselenggarakan mulai tahun 2018, tentunya ini akan menjadi motivasi tersendiri bagi kami untuk menuju kesamaan persepsi mencapai kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Sekedar informasi, IGA 2020 merupakan upaya untuk merangsang pemerintah daerah agar terus berinovasi dengan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahnya. Dengan begitu, daerah mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Yakni melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan perannya, serta peningkatan daya saing daerah.

Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari kewajiban pemerintah untuk mengembangkan invensi dan inovasi. Pemerintah pusat dan daerah wajib menggunakan hasil invensi dan inovasi nasional dalam melakukan pembangunan. Ini seperti diatur dalam UU Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sisnas Iptek.

Baca juga:  Dilantik Kapolri Jadi Kabaintelkam, Putra Papua Irjen Paulus Waterpauw Resmi Naik Bintang Tiga

Sehingga, agenda nasional terutama di bidang pembangunan yang meliputi peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing dapat terwujud. Selain itu, juga mampu memacu pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah. Harapan besar dari acara ini yakni, inovasi yang dimiliki oleh peserta yang masuk dalam nominasi dapat menjadi role model bagi daerah lain dalam menerapkan inovasi.

Dan perlu diketahui, secara Nasional, Kabupaten Sampang bersama 7 Kabupaten-Kota saja yang menerima penghargaan ini, dimana antaranya Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Somasir, Kaupaten Pesawaran, dan Kabupaten Pengandaran, Serta Kabupaten Probolinggo sebagai Perwakilan Jawa Timur bersama Kabupaten Sampang. (Red)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: