Penanggulangan Covid-19 Bupati Bondowoso Gelar Pres Release, Ini yang Disampaikan

Bupati Kabupaten Bondowoso KH Salwa Arifin, gelar press release

BONDOWOSO, terbitan.com – Bupati Kabupaten Bondowoso KH Salwa Arifin, gelar press release terkait penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19) dan resiko penularannya.

Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Bondowoso, Wabup Irwan Bachtiar Rahmat, dengan didampingin seluruh jajaran Forkopimda, di Dinas Kesehatan. Selasa (17/03/2020)

Baca Juga :

Bupati Salwa imbau, dalam rangka peningkatan dan kesiapsiagaan Kabupaten Bondowoso, mengantisipasi virus corona (covid-19), pihaknya menyampaikan sejumlah poin penting yang harus diketahui oleh sejumlah unsur dan masyarakat umum.

“Saya mengimbau untuk kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah peserta didik terhitung 16-29 Maret 2020,” katanya.

Untuk kegiatan pemerintah dan yang dihadiri oleh banyak masyarakat ditunda sampai 29 Maret 2020 dan menunggu kebijakan lebih lanjut.

Selain itu, meningkatkan kewaspadaan kesiapsiagaan dengan mengajak masyarakat untuk selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta gerakan masyarakat sehat (Germas).

“Melakukan cuci tangan sebelum memegang mulut, hidung dan mata. Menutup mulut ketika batuk dan bersin, bila sedang batuk pilek disertai demam segera periksa dipelayanan kesehatan,” ajak Bupati Salwa.

Harapan Bupati Salwa, masyarakat perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, menghindari kontak dengan orang yang sakit serta melakukan Aktifitas fisik setiap hari minimal .

Sejatinya, Pemkab Bondowoso telah menunjuk Dinkes sebagai pelayanan kesehatan yang dikomandani dokter Arif.

“Pemkab juga menunjuk Kepala Dinkes sebagai Jubir penanganan Covid-19 wilayah Bondowoso. Bagi seluruh masyarakat Bondowoso diharapkan tetap tenang, tidak panik secara berlebihan dan meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran Covid-19 bisa kita hadapi,” pungkasnya.

Sementara dokter H Muhammad Imron, Kepala Dinkes mengimbau kepada sejumlah pihak untuk meningkatkan koordinasi dan terlibat aktif dalam pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona (covid-19) sesuai peran dan fungsinya masing-masing. 

“Dalam hal ini, pemkab akan membentuk satuan tugas pencegahan covid-19 yang terdiri dari unsur pemerintah daerah, meliputi  TNI, Polri, dan pihak-pihak terkait,” ujarnya

Secara tegas dokter Imron mengatakan sampai saat ini warga Bondowoso tidak ada yang terjangkit Covid-19. Ia mengingatkan kepada seluruh awak media satu pintu untuk mendapatkan informasi di posko yang sudah disediakan.

“Meski hingga saat ini Bondowoso belum terjangkit, tapi kewaspadaan tetap harus kita jaga, semoga kita semoa dijauhkan dari penyakit atau virus corona. Kemarin yang beredar kabar itu adalah bohong,” tutupnya.

Terbitan Terkait