Wagub, Kalteng, Habib Ismail Bersama DPRD Kalteng Tandatangani Raperda Pengendalian Kebakaran Lahan

  • Bagikan

PALANGKA RAYA, terbitan.com – Untuk pengesahan
Rancangan Peraturan Daerah Pengendalian Kebakaran Lahan (Raperda PKL) sebagai peraturan daerah (Perda)Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail bin Yahya bersama Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, Wakil Ketua II Jimmy Carter, dan Wakil Ketua III Faridawaty Darland Atjeh, mendatandatangani bersama sama di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Selasa 7/7/2020.

Habib Ismail bin Yahya mengatakan,” Perda PKL tersebut memberikan ruang dan pengecualian bagi peladang lokal untuk membuka lahan dengan cara membakar. Tetapi Wagub ingatkan, walau membakar untuk berladang diperbolehkan, masyarakat harus taat aturan tata cara membuka lahan dengan cara dibakar.

” Masyarakat dalam membuka membakar lahan juga tidak boleh sembarangan, karena semua akan diatur agar tidak menimbulkan bencana kebakaran lahan dan hutan. Walau Perda PKL ini memperbolehkan masyarakat kita yang berladang untuk membakar lahan, tetapi dibatasi 2 hektar dan tidak bersamaan atau berbarengan,” ucap Habib.

Baca juga:  Kecamatan Lahei Adakan Pembinaan dan Pengawasan Kepada Pemerintahan Desa Karendan Dan BPD
Baca juga:  Pilkades Serentak di Desa Buya Berjalan Aman dan Lancar

Lebih lanjut Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya menegaskan, kedepan Kalteng tetap menerapkan pertanian modern tetapi tidak menghilangkan kearifan lokal. Perlahan membuka lahan dengan cara membakar akan dikurangi.

“Untuk sementara pemerintah belum mampu mempersiapkan pertanian modern, sehingga solusi sementara untuk membuka lahan dengan cara membakar. Kita sudah mengarah kepada pertanian modern dan mempersiapkan segala sesuatu untuk memudahkan petani kita,” pungkasnya(Iwan)

Baca juga:  Terungkap! Surat Permohonan Riksus Menuju Inspektorat, Ketua BPD Karendan Akui Kena Jebak

Sumber:JNI

  • Bagikan