Gagal Dirapel, DPMD Sampang Targetkan BLT DD Periode Januari Rampung Sebelum 13 Mei

  • Bagikan
POTRET: Penyaluran BLT DD Periode Januari oleh BAS di Kabupaten Sampang. (Adie/Terbitan.com)

SAMPANG, Terbitan.com – Sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang menargetkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) periode Januari rampung disalurkan di semua Desa.

Berbeda dengan ungkapan sebelumnya informasi pencairan BLT DD akan dirapel selama beberapa bulan ternyata gagal, hal itu disebabkan oleh perubahan sistem pencairan Dana Desa dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa, Irham Nurdayanto, menurutnya sebanyak 180 Desa harus rampung menyalurkan BLT DD sebelum lebaran tiba.

“Untuk membantu ekonomi masyarakat, BLT DD periode Januari 2021 pada semua Desa di Kabupaten Sampang harus rampung maksimal tanggal 12 Mei, 180 Desa harus tuntas,” katanya saat dihubungi melalui jaringan selulernya, Selasa (04/05/2021).

Dikatakan Irham, kerja cepat pihaknya bersama BAS Sampang menargetkan 12 Desa selesai penyaluran dalam setiap harinya, sehingga menurutnya pada tanggal 12 Mei nanti adalah hari terakhir.

Baca juga:  Masuk Zona Oranye, Pikatan Water Park Ditutup

“Setiap hari kami genjot 12 Desa, dan pada tanggal 12 Mei nanti semua harus rampung,” jelasnya.

Disinggung gagalnya penyaluran secara langsung beberapa bulan BLT DD yang belum disalurkan selama 2021, pihaknya mengatakan hal itu disebabkan oleh berubahnya sistem pencairan Dana Desa dari tahun sebelumnya.

Baca juga:  Tingkatkan Solidaritas, Pengurus dan Anggota SMSI Sampang Gelar Bukber di Ketapang

“Berbeda dengan tahun 2020 kemarin, pengajuan pencairan Dana Desa tahap I yang biasanya langsung cair 40 persen, saat ini dibagi menjadi beberapa sub tahap per tahapan pencairan, yakni per tahap dibagi menjadi 7 sub tahap,” bebernya.

Sehingga, menurutnya BLT DD tahap dua masih diajukan ke Kas Negara APBN melalui KPPN karena penyaluran dari pusat ke Desa masih melalui beberapa tahapan.

“Kalau sekarang (tahun 2021) 40 persen itu pengajuan kami bertahap menjadi 7 sub tahap:, pertama tahap 1 sub 1: dana Covid-19 8 persen DD, kedua Tahap 1 sub 2: DD reguler(40 persen-sub 1 dana Covid dan BLT 5 bulan) dan seterusnya,” tandasnya.

Baca juga:  BPRS BAS Sampang Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Pihaknya mengaku tetap berupaya mempercepat penyaluran BLT DD, namun karena perpindahan Bank dari BRI ke BAS Sampang juga memerlukan waktu, sehingga menurutnya segala proses juga dilakukan dari awal.

Sekedar untuk diketahui saat ini semua Desa di Kabupaten Sampang mayoritas telah menyalurkan BLT DD periode Januari 2021 hingga tanggal 12 Mei 2021 sebesar Rp300 ribu per KPM.

  • Bagikan