Ini Syarat Lain Untuk Dapatkan Pupuk Bersubsidi Selain Kartu Tani, Petani di Sampang Harus Tahu

  • Bagikan
Istimewa

SAMPANG, Terbitan.com – Mulai difungsikannya kartu Tani di Kabupaten Sampang masih menjadi keluhan sejumlah petani yang belum memiliki kartu, lantaran kartu yang menjadi tiket untuk mendapatkan pupuk bersubsidi tersebut belum tersalur secara merata.

Pasalnya, petani yang belum memiliki kartu tani mulai kesulitan untuk membeli pupuk di Kios lantaran sejak Agustus pemberlakuan kartu tani untuk bisa mendapatkan pupuk bersubsidi mulai diterapkan. Namun, masih ada cara lain untuk bisa mendapatkan itu.

Menurut Plt Kabid Sumber Daya dan Penyuluh Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Sampang Nurdin mengatakan masih ada keringanan untuk para petani yang belum memiliki kartu tani, hanya saja menurutnya ada persyaratan yang harus terpenuhi.

Baca juga:  Disporabudpar Sampang Kembali Tegaskan Tempat Wisata Lebih Serius Terapkan Prokes

“Syaratnya petani harus terdaftar di e-RDKK sehingga kebutuhan pupuknya tercantum di sana,” kata Nurdin pada awak media, Jumat (08/09/2020).

Dikatakan Nurdin, petani harus membawa identitas seperti e-KTP untuk melakukan pengecekan ke Kios namanya terdaftar atau tidak.

Baca juga:  Proyek Pengaman Pantai Penyak Pemenang Tender PT Dollar, Yang Berkontrak PT Cimendang

“Bawa KTP dan cek namanya dan NIK jika terdaftar mereka sudah bisa melakukan pembelian secara tunai tanpa Kartu Tani,” jelasnya.

Di lain sisi menurut Nurdin, bagi yang belum terdaftar, ia meminta petani untuk melakukan koordinasi dengan kelompok tani atau penyuluh pertanian di wilayah itu.

Baca juga:  Disporabudpar Sampang Kembali Tegaskan Tempat Wisata Lebih Serius Terapkan Prokes

“Intinya tetap harus berkoordinasi dengan Poktan atau penyuluh pertanian di Desa akan segala kebutuhan yang mengalami kesulitan bisa terbantu,” pungkasnya. (Adie)

  • Bagikan