Layangkan Surat Kepada Kepala Desa Muara Bakah,BPD Desa Muara Bakah Minta RKPDes,APBDes Dan LPj

  • Bagikan

 

MUARA TEWEH – Berdasarkan hasil rapat dan musyawarah Badan Permusyawaratan Desa [BPD] Muara Bakah, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalteng, diputuskan untuk melayangkan kepada Kepala Desa Muara Bakah.

Surat tersebut yang dikirim kepada Kades terkait permintaan data/doc copyan Berkas Rencana Kegiatan Pengunan Desa [RKPDes], Anggaran Pendapatan Belanja Desa [APBDes], dan Laporan Pertanggungjawaban [LPj] Kepala Desa Muara Bakah sejak tahun anggaran 2018-2019 sebagai fungsi tugas BPD.

Dalam surat resmi bernomor 18/BPD-MB/IX/2020, tertanggal 18 September 2020, yang dilayangkan secara tertulis kepada kades Muara Bakah berdasarkan hasil rapat anggota BPD Muara Bakah yang berjumlah lima orang pada hari jumat tanggal 18 September 2020.

Baca juga:  Kejari Barito Utara,Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi

Kepada awak  media Umar selaku Ketua BPD Desa Muara Bakah menyampaikan alasan pihaknya melayangkan surat teraebut

“Kami meminta dan menuntut adanya transparansi anggaran yang dikelola Pemerintah Desa (Pemdes) karena sejak tahun 2018 berbagai dokumen perencanaan dan pertanggungjawaban tidak pernah diketahui kejelasannya, serta tidak disampaikan kepada Badan Permusyarawatan Desa (BPD),” terang Umar.

Menurut Ketua BPD Muara Bakah sejak tahun 2018-2019 pihaknya tidak pernah melihat dan mengetahui keberadaan dokumen-dokumen RKPDes, APBDes dan laporan pertanggungjawaban keuangan desa, yang sampai sekarang dokumen penting itu tidak pernah dimiliki oleh BPD.

Baca juga:  Penjelasan RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang Terkait Laporan Ke Kejati Babel

Menurutnya, dokumen sangat diperlukan sebagai perwujudan dari rencana dan pelaksanaan penggunaan anggaran desa, sesuai permendagri no 110 tahun 2016 tentang BPD.

Dalam surat yang dikirim BPD kepada Kades Muara Bakah diberikan tenggang waktu selama tujuh hari kerja terhitung surat disampaikan kepada Kades agar menyerahkan data copyan yang diminta.

Baca juga:  Terkait Tertumpahnya Batu Bara Ditengah Jalan Jembatan Wahay,Ini Kata Management PT.MME

“Surat sudah kita serahkan kepada melalui Kaur Umum Desa yang diterima Silvia, Minggu [20/09/2020] untuk menyampaikan kepada Kades dan serta tembusan surat sudah kita serahkan juga seperti ke Bupati Barito Utara, Ketua DPRD, Kepala Inspektorat, Kadis Sos dan PMD serta Camat Lahei, “pungkasnya.(Iwan)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: