Pemkab Bangka Tengah Launching Aplikasi SITARU dan SIBAGUS

  • Bagikan

 

Bangka Tengah, terbitan.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Bangka Belitung menggelar Launching Aplikasi Sistem Informasi Tata Ruang (SITARU) dan Sistem Informasi Bangunan Gedung Swakelola (SIBAGUS) pada Selasa (20/4/21) bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, ST dalam sambutannya menuturkan dua Aplikasi yang dilaunching saat ini merupakan salah satu bentuk Inovasi untuk Pelayanan Publik yang digagas oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) bersama Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (DISKOMINFOSTA) Kabupaten Bangka Tengah.

Baca juga:  Masuk Zona Oranye, Pikatan Water Park Ditutup

” ini merupakan salah satu inovasi untuk pelayanan publik yang dikemas dalam sebuah Aplikasi sehingga bisa mempermudah pelayanan bagi masyarakat,” Tutur Algafry, Selasa (20/4/21).

Ia mengatakan kedepan sistem informasi ini akan terus dikembangkan agar dapat memenuhi dan memfasilitasi stakeholder terkait kebutuhan informasi tata ruang untuk kepentingan pembangunan dan investasi yang aman dan nyaman di kabupaten Bangka Tengah.

” Kedepan akan terus kita kembangkan karena Tata Ruang merupakan pintu terbaik investasi,” ujar Algafry

Dirinya berharap aplikasi SITARU dan SIBAGUS dapat mempermudah dan mempercepat berbagi informasi data spasial rencana tata ruang untuk perangkat daerah di lingkungan Pemda Kabupaten Bangka Tengah.

Baca juga:  Tingkatkan Solidaritas, Pengurus dan Anggota SMSI Sampang Gelar Bukber di Ketapang

” Kita berharap sistem informasi yang dikembangkan mampu mengangkat performa Pemda Bangka Tengah dengan terciptanya layanan publik yang bermutu, efisien dan semakin unggul,” harapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Bangka Tengah, Hasan Basri mengatakan bahwa aplikasi tersebut dapat diakses di web http.//sitaru.bangkatengahkab.go.id untuk SITARU sedangkan SIBAGUS dapat diunduh melalui playstore.

“Saat ini kedua Aplikasi tersebut sudah dapat diakses di android kita masing-masing,” ujar Hasan

Ia menjelaskan Aplikasi SITARU menampilkan informasi berupa peta pola ruang yang dapat dipilih sesuai dengan jenis serta kategori yang diinginkan dan SIBAGUS untuk mempermudah dan mempercepat proses perhitungan biaya.

Baca juga:  Masuk Zona Oranye, Pikatan Water Park Ditutup

” SITARU berisikan informasi rencana tata ruang yang akan dilakukan di Bangka Tengah,” jelasnya

” SIBAGUS untuk mempercepat proses perhitungan rincian anggaran biaya dalam membangun sebuah gedung dengan swakelola,” tandasnya

(*)

  • Bagikan