H. Tohari : Berdayakan Toko Kelontong Lewat “Belanja Di Toko Tetangga”

  • Bagikan
Program "Belanja Di Toko Tetangga" yang diluncurkan H. Tohari diharapkan bisa membantu masyarakat miskin dan menambah penghasilan warung kelontong di masa pandemi Covid - 19.

BONDOWOSO, Terbitan.com – Pandemi Covid-19 menghantam semua lini di sektor pariwisata, tak terkecuali di sektor kuliner. Sehingga perekonomian sangat lemah.

Ketua Komisi I DPRD Bondowoso, H. Tohari S.Ag, menginisiasi gerakan belanja di toko tetangga lewat voucher belanja gratis. Gerakan itu merupakan inisiatif H. Tohari untuk memberdayakan toko kecil yang selama ini mengalami penurunan omset akibat dampak dampak Covid-19.

“Bentuk nyata recovery ekonomi ya seperti ini. Saya secara pribadi memulai, mengkampayekan belanja di toko tetangga melalui voucher gratis dari saya untuk warga,” ungkapnya, Rabu (5/5/2021).

Selain itu, bisa menambah variasi produk di warung kelontong, hingga menambah penghasilan warung kelontong dan meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Hal-hal tersebut diharapkan akan mendorong pergerakan ekonomi kerakyatan, terutama pada masa pandemi Covid -19,” katanya.

Dia pun berharap, program “belanja di toko tetangga” ini dapat mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk mau membeli ditoko toko terdekat.

Politisi PKB tersebut berharap Pemerintah Daerah bisa mereplikasi gerakan tersebut. Program penyaluran bantuan kepada masyarakat miskin tak lagi berbentuk tunai. Melainkan diberikan secara non tunai lewat voucher belanja di toko tetangga.

“Saya mengajak pemerintah daerah, Bupati melalui Diskoperindag untuk terus melakukan pembinaan pedagang kecil yang terdampak Covid-19 dengan cara seperti ini,” jelasnya.

Tohari menilai cara seperti itu lebih efektif guna memastikan bantuan tepat sasaran dan benar-benar digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan primer. Disamping secara tidak langsung telah membantu usaha kecil warga agar tetap berjalan.

“Kalaupun ada bantuan non tunai dari pemerintah pusat, tapi itu kan toko, agennya di tentukan. Kalau ini tidak, bisa bebas milih belanja di mana saja asal di toko peracangan,” jelasnya.

Untuk informasi, H. Tohari membagikan sekitar 500 voucher belanja di toko tetangga secara gratis kepada masyarakat di Dapil IV. Voucher tersebut merupakan zakatnya kepada warga. Voucher tersebut hanya bisa dibelanjakan di toko peracangan atau kelontong tersedat.

“Tapi hanya untuk belanja kebutuhan pokok. Seperti rokok tidak bisa. Nanti vouchernya dibawa oleh toko-toko itu ke saya untuk diklaim,” pungkasnya.

  • Bagikan