Empat Pemuda Curi Serang Walet, Dua Pelaku Masih Buron

MUARA TEWEH, terbitan.com – Kepolisian Resort (Polres) Barito Utara melalui Satuan Reskrim Polres Barito Utara berhasil meringkus dua pelaku pencuri sarang walet dan ampli player (mesin walet) Masing- masing Pelaku diringkus dirumahnya Selasa 28/04/2020

Dari kedua tersangka, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, diantara berupa 1 (satu) unit ampli player merk Piro MW-88 warna hitam dan 19 (sembilan belas) lembar sarang burung walet.

Baca Juga :

” Dua pelaka tersebut Adi Pebrianto als. Adi (26 tahun) warga Desa Trinsing RT. 01, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara atau Jl. Durian RT. 12B , Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah Dan Dika Wijaanto alis Dika (17 tahun) warga Jl. Permata Anggrek Perumahan Permata Biru RT. 18 , Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara,Kalimantan Tengah.

Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kesuma melalui Kasat Reskrim AKP Kristanto Situmeang menjelaskan, ,”penangkapan terhadap dua tersangka ini berawal Laporan Polisi Nomor: LP/56/IV/Res.1.8/2019/Polda Kalteng/Polres Barut, tanggal 28 April 2020 tentang telah terjadinya TP Pencurian, pelapor/korban Mahlansyah

” Yang peristiwanya diketahui terjadi pada hari Minggu tanggal 12 April 2020 Skj. 06.00 WIB di dalam bangunan sarang burung walet Jl Permata Anggrek, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara,”kata Kasat Kristanto kepada media terbitan.com Rabu 29/04/2020

Lanjut kasat, Jalannya kejadian pada saat Mahlansyah korban mengecek lokasi gedung walet miliknya, melihat jendela rumah yang terletak disamping bangunan gedung sarang walet yang terbuat dari kayu telah rusak. Kemudian korban masuk dan memeriksa kedalam rumah dan didapati pintu pertama rusak.

” selanjutnya kunci pintu kedua atau dapur rusak dan kunci pintu ketiga yang mengarah masuk menuju gedung walet pun telah rusak. Selanjutnya korban memeriksa isi rumah dan telah hilang ample player (mesin walet) sebanyak 2 (dua) unit merk Piro 800 warna hitam dan merk lupa warna hitam , serta flashdisk sebanyak 4 (empat) buah.

selanjutnya korban masuk kedalam bangunan sarang burung walet dan mendapati sekitar 20 (duapuluh) lembar sarang burung walet miliknya telah hilang. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 3.365.000,- (tiga juta tiga ratus enam puluh lima ribu rupiah),”terang kasat

Kasat menjelaskan berdasarkan hasil penyelidikan Unit Buser Sat Reskrim Polres Barut, didapat informasi bahwa pelaku pencurian sarang walet milik korban adalah kelompok Romadi, Agus Harianto, Dika Wijayanto dan Adi Pebrianto.

Kemudian Unit Buser menindaklanjuti informasi tersebut dengan melakukan profiling mengenai biodata, domisili dan kegiatan diduga para pelaku.

Pada hari Selasa tanggal 28 April 2020 skj. 13.49 WIB, tersangka Adi berhasil ditangkap di rumahnya di Jl. Durian, Kel. Melayu, Kec. Teweh Tengah, Kab. Barito Utara. Selanjutnya, pada skj. 14.30 WIB tersangka Dika pun berhasil kami tangkap di rumahnya di Jl. Permata Anggrek, Kel. Lanjas, Kec. Teweh Tengah, Kab. Barito Utara.

Tersangka Adi dan tersangka Dika mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian di bangunan sarang walet milik korban Mahlansya yang terletak di Jl. Permata Anggrek, Kel. Lanjas, Kec. Teweh Tengah, Kab. Barito Utara, pada hari Kamis tanggal 9/04/2020 sekitar pukul 23.00 Wib, bersama-sama dengan tersangka Romadi dan tersangka Agus Harjanto.

Unit Buser dan Unit Pidum Sat Reskrim kemudian mendatangi rumah tersangka Romadi dan tersangka Agus Harianto di Desa Trinsing, Kec. Teweh Selatan, Kab. Barito Utara, namun kedua tersangka tersebut tidak ada di rumahnya.

Tersangka Adi dan tersangka Agus berperan sebagai pengawas situasi sekitar tempat melakukan pencurian sedangkan tersangka Dika dan tersangka Romadi berperan sebagai pelaku yang masuk ke dalam bangunan sarang walet dengan terlebih dahulu merusak jendela pintu dengan menggunakan linggis dan selanjutnya mengambil sarang burung walet dan ampli player.

Tersangka Agus Harianto merupakan anak tersangka Romadi. Kedua tersangka tersebut merupakan residivis pencurian sarang burung walet pada tahun 2017, di Wilkum Kapuas,”kata kasat

Adi Febrianto dan Dika diancam Pasal 363 Ayat (1) ke-4e KUHP dan rencana Tindak Lanjut Melakukan pemeriksaan terhadap para tersangka yang sudah berhasil ditangkap, Melakukan pengembangan serta mencari tersangka ROMADI dan tersangka AGUS HARIANTO serta mencari barang bukti CPU dan flashdisk yang diduga dibawa oleh tersangka AGUS HARIANTO, Melalukan gelar perkara dan koordinasi dengan jaksa penuntut umum,”pungkas Kasat.(Iwan)

Source:

Pos terkait