Gegara Pemortalan PT.Maruwei Cool, Robi Berakhir di Jeruji Besi

  • Bagikan

MUARA TEWEH,terbitan.com – Akhirnya perjuangan Robi harus kandas dan berakhir di jeruji besi tahanan lapas klas II Muara Teweh, akibat laporan perusahaan PT. Maruwei Cool yang beropersai di wilayah Tuhup, Kabupaten Murung Raya, Kalteng.

Sebelumnya, aksi Robi Cs menuntut perusahaan karena tanpa ijin telah mengarap jalan yang berada di tanah mertua tuannya beradasarkan surat kuasa dengan melalukan pemortalan di badan jalan yang telah digarap tersebut.

Karena tak terima akhirnya pihak perusahan pun melaporkan perbuatan Robi Cs ke Polres Murung Raya dengan UU No. 4 Tahun 2019 tentang Minerba dan Batubara.

Baca juga:  Tak Lagi Meminta Piring Putih Atau Pencabutan Dumas di Polres! Surya Baya, Cuma Meminta PT BEK Secara Sportif dan Gentleman Mengakui Kesalahannya

Setelah menjalani proses panjang dari persidangan Pengadilan Negeri Muara Teweh bahkan sampai naik ke naik ke Pengadilan Tinggi Palangka Raya (Banding) akhirnya putusan hakim tidak merubah nasib Robi yang menuntut perusahaan.

Berdasarkan penetapan hakim Pengadilan Tinggi (Banding) No.106/Pid.Sus/2020/PT. Plk yang menguatkan putusan Pengadilan Negeri Muara Teweh No. 126/Pid.Sus/PN. Mtw tanggal 5 November 2020 yang berbunyi sebagai berikut :

1. Menyatakan terdakwa Robi Bin Mahyuni terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “telah merintangi atau mengganggu kegiatan usaha pertambangan”.

2. Menjatuhkan pidana terdakwa selama 3 (tiga) bulan kurungan.

Baca juga:  Jual Sabu, Pria dan Wanita ini Berhasil Diamankan Satresnarkoba Polres Barut di Km 32 Jalan Negara Muara Teweh-Banjarmasin

3. Memerintahkan agar Terdakwa ditahan.

Sehingga, Jaksa Penuntut Umum yang dipimpin oleh Kasi Pidum A. Zahedi F, SH, MH dan Kasi Datun Theodorus Ludong, SH pada Kejaksaan Negeri Murung Raya, melaksanakan eksekusi terpidana an. Robi Bin Mahyuni yang melanggar pasal 162 ayat (1) UU RI No. 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara. Selasa (02/03) sekira pukul 14.00 WIB di Muara Teweh.

“Ya benar, kita sudah melaksanakan eksekusi kepada tersangka sesuai dengan putusan Hakim Pengadilan Tinggi Palangka Raya,” kata Zahedi.

Sebelumnya kita sudah melakukan koordinasi kepada saudara Robi dan keluarga agar bersikap kooperatif dalam perkara ini.

Baca juga:  Bupati Bondowoso Digugat Bawahannya di PTUN Surabaya

“Walapun ada sedikit ketegangan pada saat melakukan ekseskusi terhadap tersangka Robi dengan pihak keluarga, setelah di jelaskan JPU akhirnya pihak keluarga menerima hasil putusan Hakim Pengadilan Tinggi tersebut”, terangnya.

Ditambahkan Kasi Pidum Kemudian tersangka dibawa langsung ke LP Klas II Muara Teweh dan sebelumnya dilakukan pemeriksaan kesehatan dan rapit test.

  • Bagikan