Polisi Tangkap 3 Orang Diduga Pelaku Illegal Loging di Karangsengon

BONDOWOSO, Terbitan.com – Tiga orang diduga pelaku illegal loging, berhasil ditangkap oleh anggota Polsek Klabang, Polres Bondowoso. Mereka ditangkap saat membawa kayu sono keling hasil jarahannya dari hutan. Minggu malam, (29/12/2019).

Ketiga pelaku bernama Tarmo, warga Sumber Malang, Saiful Andre desa Gubrih Kecamatan Wringi dan Sahawi warga desa Sumbertengah kecamatan Binakal.

Bacaan Lainnya

Plt ps Kanit Reskrim Polsek Klabang, Aipda Darwis Napitululu membenarkan jika pihaknya telah mengamankan 3 orang pelaku bersama barang bukti di Mapolsek Klabang.

Menurutnya, informasi ini didapat dari warga setempat, bahwa warga sering meihat mobil bermuatan kayu berukuran besar. Dengan sigap anggota Polsek Klabang langsung bergerak ke tempat kejadian perkara (TKP) Desa Karangsengon.

“Kami berhasil menangkap 3 orang dan 2 mobil yang beriringan membawa kayu jenis sono kelling di TKP. Kejadian ini bukan hanya kali ini saja namun saat petugas akan meringkus selalu lolos,” katanya Senin, (30/12/2019).

Darwis menjelaskan, bahwa terbongkarnya kasus sindikat illegal loging ini, karena warga melihat pelaku sering melakukan pembalakan liar di hutan. Tepatnya di pinggiran dusun Blangguan Desa Karangsengon, kecamatan Klabang.

“Akibatnya, kondisi hutan tersebut saat ini rusak parah. Kita akan terus mendalami siapa pemilik kayu curian tersebut,” terangnya.

Jajaran Mapolsek Klabang menyampaikan terimakasih kepada warga atas kerjasamanya yang telah membantu kepolisian. Mengungkap para pelaku illegal loging di wilayah hukum polsek Klabang.

“Kami sampaikan terimakasih atas informasi dan petunjuk yang diberikan kepada petugas. Sehingga kita langsung bergerak cepat melakukan penangkapan, karena selama ini sudah meresahkan masyarakat.’kata Darwis.

Diharapkan, kepolisia Sektor Klabang dapat mengungkap pera pelaku yang bermain dibelakang para tersangka. Sehingga pembalakan liar tidak akan terjadi di Klabang.

Pasalnya, informasi yang berhasil dihimpun dilapangan, diduga ada petugas perhutani yang ikut bermain pada kasus illegal loging ini, sehingga pelaku illegal loging lebih leluasa melakukan pembalakan liar ini.

Pos terkait