“AWASIN COVID-19”, Inovasi Mahasiswa UM Surabaya Cegah penyebaran COVID-19

SURABAYA, Terbitan.com – Sejak pemerintah berlakukan adaptasi kebiasaan baru atau new normal, masyarakat mulai beraktivitas diluar rumah seperti biasa namun nyatanya pasien covid-19 semakin meningkat oleh karena itu, Kelompok Kuliah Kerja Nyata Sampang 1 (KKN Sampang 1) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) turut berkontribusi dengan membuat produk inovasi tepat guna untuk membantu mencegah penyebaran covid-19 khususnya di Kabupaten Sampang.

Kelompok KKN Sampang 1 UM Surabaya membuat dan mendistribusikan Automatic Hand Washing Machine Covid-19 (AWASIN COVID-19) ke Masjid Rahmat di Kampung Tangguh Semeru Desa Dharma Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang.

Baca Juga :

Kegiatan ini diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Rudi Irmawanto, ST., MT. Pada kesempatan itu Rudi yang juga sebagai dosen teknik elektro UM Surabaya turut mengapresiasi inovasi AWASIN COVID-19 dan berpesan kepada kelompok KKN Sampang 1 agar tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan selama melakukan kegiatan.

AWASIN COVID-19 didesain untuk mengurangi menyebaran covid-19 melalui benda dan tangan yang terinfeksi covid-19, AWASIN COVID-19 terdiri dari tempat sabun tanpa sentuh tangan yang terbuat dari pipa air dan mesin cuci tangan yang dapat di re-charger dan dilengkapi dengan sensor otomatis.

“Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sudah menjadi kebiasaan baru di tengah pandemi covid-19 dan salah satu penularannya bisa melalui tangan yang terinfeksi sehingga kami menciptakan inovasi ini agar masyakarat tidak perlu menyentuh keran air dan sabun jika ingin mencuci tangan” ujar Ali Mustofa selaku Koordinator kegiatan.

Ali juga berharap dengan didistribusikannya AWASIN COVID-19 di masjid rahmat dapat bermanfaat dan di fungsikan dengan baik oleh masyarakat yang melakukan ibadah di masjid dan dapat membantu menekan angka penularan covid-19. (MH)

Pos terkait