ODP Meningkat 74, RS Koesnadi Bondowoso Isolasi Dua PDP Rujukan Luar Kota

BONDOWOSO, terbitan.com – Hingga Senin (23/3/2020) data yang dihimpun ada 74 orang ODP. Dari jumlah tersebut terbanyak ada di kecamatan Wonosari 10 orang, Binakal 9 orang, Kademangan 8 dan Sumberwringin 4 orang.

Sementara Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD dr Koesnadi Bondowoso), mengisolasi dua PDP (pasien dalam pengawasan) Virus Corona (Covid-19), rujukan dari luar kota yang berjenis kelamin perempuan.

Baca Juga :

Plt Direktur Umum, RSUD dr Koesnadi, dr. Yus Priatna A. Sp. P., mengatakan, bahwa dari empat ruang isolasi di RSUD ini. Sudah dipakai untuk dua PDP.

“Sudah ada dua PDP. Sebenarnya yang PDP dari luar kota. Rujukan dari rumah sakit lain,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (23/3/2020).

Menurutnya, dua PDP itu sudah terdeteksi beberapa hari lalu. Ia mengimbau agar masyarakat tidak keluar rumah atau bepergian keluar kota bila tidak ada keperluan yang sangat penting.

Pasalnya, pasien PDP itu ada yang baru pulang pulang dari umrah. Sementara satunya lagi, pulang dari ziarah wali.

“Makanya masyarakat jangan keluar dulu. Ziarah wali tidak boleh dulu, jangan menambah jumlah pasien (PDP) dan ODP,” harapnya.

Ia menjelaskan, adapun gejala yang timbul pada PDP adalah batuk, pilek dan panas. Kadang juga dibarengi dengan sesak nafas.

Lebih jelas dr Yus Priatna, bahwa ruang isolasi di RSUD Koesnadi ada empat. Tapi bisa ditambah dua sampai tiga ruangan isolasi.

“Jika semua ruangan sudah penuh. Akan dialihkan ke klinik Jantung dan Paru di Pancoran. Itu sebagai cadangan,” ucapnya.

Kendatinya, RSUD dr Koesnadi sudah ada tim gerak cepat untuk menangani Virus Corona (Covid-19). Kalau ada yang positif nantinya, akan ada mobilisasi tenaga medis dan ruangan.

Sudah ada 59 ODP di Bondowoso. Bupati Salwa Arifin menjelaskan, untuk ODP yang ada di Bondowoso, sudah dikarantina di rumah masing-masing, dan dibatasi interaksinya dengan orang lain.

“Dari Dinas Kesehatan sudah memantau ODP Corona tersebut. Serta dikarantina di rumah masing-masing,” pungkasya.

Terbitan Terkait