Musyawarah Dusun I RKPDes Desa Buya Tahun 2020

oleh -Views : 277

SANANA, terbitan.com – BPD Desa Buya, Kecamatan Mangoli Selatan Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menggelar Musyawarah Dusun (Musdus) untuk penyusunan RKP Des 2020 dusun I depan rumah ketua RT dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat dusun I.

Musdus ini dihadiri, Pejabat Kepala Desa Buya, BPD, Kepala Dusun, Tokoh Pemuda, tokoh masyarakat dan kelompok perempuan dan PKK Dusun. Kamis (21/11/2019)

Pejabat Kepala Desa Buya, Idaham Sapsuha menyampaikan bahwa rapat musdus RKPDes ini adalah kewenangan BPD. Musdus ini secara periodik setiap tahun berjalan, untuk merencanakan pembangunan baik fisik dan non fisik. Untuk pembangunan yang telah dilaksanakan.

Selanjutnya, Dia mengajak semua masyarakat untuk sama – sama menjaga apa yang telah dibangun, agar apa yang telah dibangun dapat bermanfaat bagi masyarakat dan untuk program pembangunan tahun 2020. mari kita rencanakan pembangunan yang akan datang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, jadi prinsip pembangunannya dari kita, oleh kita dan untuk kita.” ucap Idham

Musdus RKPDes tahun 2020 di pimpin langsung oleh ketua BPD Desa Buya, Samdin Umanahu mengungkapkan, pelaksanaan Musdes ini adalah titik sejarah bagi pemerintah Desa Buya, dimana pelaksanaan Musdus oleh BPD sesuai mekanisme dan tupoksi BPD. Mudah-mudahan pelaksaan musdes ini bisa menjadi contoh bagi pemerintahan selanjutnya.

Musyawarah Dusun ini juga menjadi harapan baru bagi masyarakat, Musdus RKPDes bertujuan untuk menjadi dasar pijakan melaksanakan pembangunan Desa di tahun 2020.

Melalui Musdus ini masyarakat bisa memberikan usulan sehingga mendapat kesepakatan dalam menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan desa sehingga terwujud pemerataan pembangunan di Desa Buya, “jelas
Samdin

Acara Musyawarah Dusun berjalan lancar, dinamika rapat terlihat dengan munculnya berbagai usulan yang muncul dari peserta rapat dari perwakilan masing-masing kelompok. Dalam musdus RKPDes 2020 didusun I ini.

Hasil akhir disepakati secara mufakat untuk Pembinaan Linmas, Pembinaan Pkk, Pembinaan bidang Kesehatan (Tribina) yang ada di Desa Buya dusun I dan masalah, Pembangunan Drenasi, Pembangunan Tembok penahan gelombang, Pasar, satu buah Deker , Stapak jalan Kubur dusun I Desa Buya. {GNS}