Niat lahir di Puskesmas Nonggunong Sumenep, Eh Ternyata…

  • Bagikan
Caption : Foto ilustrasi

SUMENEP, terbitan.com – seorang ibu rumah tangga lahir di atas Perahu Nelayan yang mewarnai kejadian di luar Dugaan Suami.Kejadian itu berawal seorang ibu bernama Hendrayani (33) Warga Pulau manuk Desa Sonok Kecamatan Nonggunong Kabupaten Sumenep.(17/2/21)

Bagaimana cerita kelahirannya???

Pada Rabu pagi sekitar jam 04.00 subuh, Hendrayani sudah merasakan dirinya hendak melahirkan. Karna di Pulau manuk tidak ada tim medis,bidan atau Perawat Kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Nonggunong yang bertugas di Dusunnya, ahirnya wanita tersebut meminta kepada suaminya untuk di rujuk ke Puskesmas Nonggunong.

Akses tempuh antara pulau manuk ke Pulau Sapudi(Puskesmas Nonggunong) memakan waktu sekitar Kurang lebih satu setengah jam, dan itupun setelah perahu sandar masih memerlukan transportasi darat untuk sampai ke Puskesmas.” jelasnya

Baca juga:  BMKG Malut, Waspada Gelombang Tinggi Pada Malam Hari

Karna Pulau manuk Merupakan bagian dari Desa Sonok yang dipisahkan oleh lautan,jadi akses perjalanannya harus menempuh pakai transportasi laut.

Selang beberapa waktu kemudian ditengah perjalanan laut ibu malang tersebut melahirkan seorang bayi perempuan di atas perahu dalam kondisi yang baik.

Lanjut cerita,karna Kondisi sudah berubah Pada waktu itu juga suami dan perahu yang di tumpanginya memutar arah balik ke rumah (pulau Manuk) sehingga perjalanan ke Puskesmas Nonggunong di batalkan. Ahirnya bayi malang tersebut di bawa pulang kerumah.dan Alhamdulillah bayi selamat dan Sehat.

Menurut keterangan Kepala Dusun P.manuk”Nunahsan menjelaskan Kepada media terbitan.com saat di konfirmasi melalui telpon ” membenarkan adanya kejadian tersebut bukan hanya satu kali akan tetapi berkali kali sudah banyak dari masyarakat pulau manuk yang apabila mau melahirkan Harus di rujuk Ke Puskesmas Nonggunong karna tidak adanya tenaga kesehatan di pulau kami.” Ungkapnya

Baca juga:  Jelang Harlah NU Ke-98, Ranting NU Talaga Nonggunong Sumenep Do'akan Keselamatan Bangsa Dan Negara

Lanjutnya, Kami sudah Meminta kepada Dinkes Kab Sumenep melalui Puskesmas Nonggunong khususnya Kepulauan Manuk tolong agar di Kasi Bidan atau tim medis yang berpengalaman, kasihan Kepada Rakyat kami, kami sudah meminta bantuan mulai dari dulu sampai sekarang masih tidak ada Respon positif tentang hal itu.” Kasihan pada rakyat kami,untuk berobat pun kami merasa kesulitan apalagi dengan persalinan, nyawa taruhannya.” Jelas penuh harap Kepala Dusun P.Manuk.

Kepala Dusun Pulau Manuk dan para tokoh masyarakat yang lain juga sama sama berharap Kepada Dinas Kesehatan Sumenep, Dengan cara apa kami harus meminta bantuan agar supaya di beri tenaga medis di pulau kami, kami siap atas permintaan Dinkes Sumenep, yang terpenting di Dusun Kami ada Tenaga medisnya.”harapnya.

Baca juga:  BMKG Malut, Waspada Gelombang Tinggi Pada Malam Hari

Selain dari pada itu pihak Puskesmas Nonggunong juga Menyatakan” Pengusulan untuk tenaga kesehatan di Pulau Manuk Sudah sering Kami Ajukan,akan tetapi sampai saat ini tidak ada Respon dari Dinkes Kabupaten Sumenep jadi Kita harus Menunggu Regulasi dari Dinkes Sumenep.” Pungkasnya (WN)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: