Rumah Warga Terancam Ambruk dan Putus,Kepala Desa Bintang Ninggi I Meminta Dinas Terkai Cepat Tuk Bangun Turap

  • Bagikan

 

MUARA TEWEH,terbitan.com – Pinggiran sungai Barito sebelah hulu Desa Bintang Ninggi I, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah di kawasan RT 02, 03 dan 04 kian parah.Sejumlah rumah warga terancam ambruk dan tidak itu saja jalan Desa pun terancam putus.

Kepala Desa Bintang Ninggi I, Epri Budi mengatakan, kawasan desa sebelah hulu itu memang tepat menjadi tumpuan air sungai dari hulu Barito.

Baca juga:  DPRD dan Pemkab Barito Utara Realokasi dan Refocusing Anggaran Penanganan Covid-19 Tahun 2021

“Kondisi ini yang mengakibatkan tanah di bantarn sungai selalu erosi apa lagi ketika musim hujan, mempercepat tanah longsor akibat aliran hujan yang membuang ke sungai Barito dari wilayah daratan.

“Warga kami di tiga RT itu selalu dihantui ketakutan, takut rumahnya ambruk. Dan kondisi erosi ini berdampak longsor. Kian hari kian parah. Kami dan juga warga berharap ada penangan untuk dibuatkan turap pengaman,” kata Apri Budi, Selasa (27/10/2020).

Baca juga:  Gegara Pemortalan PT.Maruwei Cool, Robi Berakhir di Jeruji Besi

Pihaknya dari pemerintah desa, sambung Kades, sudah berkirim surat ke dinas terkait dan baru-baru lalu sudah berkirim surat ke kecamatan Teweh Selatan.

“Bapak Camat sudah ada meninjau lokasi. Warga dan juga kami dari pemdes Bintang Ninggi I sangat berharap agar penanggulangan pembangunan turap penahan longsornya bisa segera di bangun kan, sehingga longsor nya tidak meluas, ” ungkap Epri Budi. 

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: