Kirab Budaya, MTD Ateran Tajhin ke Pendopo Sampang

  • Bagikan
Prosesi Penyerahan Tajhin Sappar oleh Madura Tempo Doeloe (MTD) terhadap Bupati Sampang H. Slamet Junaidi di Pendopo Trunojoyo Sampang

SAMPANG, Terbitan.com – Madura Tempo Doeloe (MTD) Kabupaten Sampang menggelar kirab budaya ter-ater tajhin sappar ke Pendopo Trunojoyo Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur.

Acara yang digelar sejak sekitar pukul 09:00 WIB itu dikemas melalui arak-arakan dengan start dari Pembabaran Trunojoyo menuju Pendopo Kabupaten Sampang, Selasa (22/09/2020).

Sekretaris Panitia Pelaksana Kegiatan tersebut, Bagus Sulton mengatakan acara itu dilakukan dalam rangka ikhtiar MTD Sampang agar hajat menjadikan Pangeran Trunojoyo Sampang sebagai Pahlawan Nasional dapat terwujud.

Baca juga:  Rusak Bertahun-tahun Nyaris Ambruk, Dinas Pendidikan Sampang Diduga Tutup Mata

“Pertama ini merupakan ikhtiar kami di MTD menjadikan Pangeran Trunojoyo Sampang sebagai Pahlawan Nasional agar bisa terwujud, dan juga mendoakan Bupati Sampang agar bisa memajukan Kabupaten Sampang,” ujarnya.

Sementara Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi mengungkapkan apresiasi digelarnya kegiatan ter-ater tajhin sappar tersebut, menurutnya hal itu merupakan budaya Sampang yang harus selalu dilestarikan.

Baca juga:  Hari Pertama Kerja, Said dan Iwan Keliling OPD

“Ini adalah kegiatan sakral, dan ini adalah budaya yang kita harus jaga, dan memang perlu kita lakukan dalam setiap bulan Safar, jangan hanya putus hingga di sini saja,” ungkapnya.

Bupati berharap kegiatan ini akan lebih meriah di tahun-tahun berikutnya, ke depan ia berupaya semua budaya Madura khususnya Kabupaten Sampang harus dilestarikan.

“Kita tidak boleh melupakan sejarah, ini adalah budaya kita, memang kegiatan ter-ater tajhin sappar kali ini adalah pertama, dan kami harap di tahun-tahun berikutnya akan lebih meriah,” pungkasnya. (Adie)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: