Sebanyak 27.518 BST Kemensos di Sampang Akan Dicairkan Selama 4 Hari, Ini Waktunya

Besaran anggaran Yang akan diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos

SAMPANG, Terbitan.com – Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) di Kabupaten Sampang akan segera dicairkan beberapa hari lagi. Tahap pertama bantuan stimulus dampak Covid-19 ini akan disalurkan selama empat mulai Senin 18 Mei 2020 besok.

Hal itu disampaikan M. Nashrun Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin, Dinas Sosial Kabupaten Sampang menyampaikan wilayahnya menerima sebanyak 27.518 Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos sebagai dampak Corona Virus (Covid-19).

Baca Juga :

“Kabupaten Sampang menerima sebanyak 27.518 KK yang bisa mendapatkan BST, yang jelas semua Desa terkover. Untuk kisaran jumlah per Desa saya tidak hafal, semua Desa daapt bagian pastinya,” ungkap Nashrun pada Terbitan.com, Kamis (14/05/2020).

Dia memastikan bahwa BST Kemensos di Kabupaten Sampang akan dicairkan mulai Senin 18-22 Mei 2020. Dengan sistem pencairan yang berbeda yakni dengan menggunakan Bank atau Kantor Pos.

“Sudah akan kita cairkan, dari tanggal itu hanya libur tanggal 21 karena. Namun, jika ada yang mau Desa yang mau mencairkan tetap bisa asal ada pemberitahuan sehari sebelumnya. Ada yang dicairkan di Bank dan juga ada yang diambil di Kantor Pos setiap Kecamatan,” jelasnya.

Disinggung untuk mengantisipasi terjadinya tumpang tindih antara BST Kemensos dengan BLT Dana Desa, pihaknya selaku Pemerintah Kabupaten sudah membahas dan memiliki solusi atas terjadinya hal tersebut.

“Karena BST Kemensos ini datanya data 2014 yang ditentukan oleh Pemerintah Pusat sebagai penerima. Maka yang harus menyesuaikan adalah BLT DD karena data penerimanya hanya disahkan oleh Camat yang aksesnya lebih mudah, yang jelas kalau tumpang tindih BLT DD sudah disepakati akan dibekukan,” pungkasnya.

Sekedar untuk diketahui setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapat Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos akan menerima Rp.600.000 selama 3 bulan. (Adie)

Pos terkait