Semua Desa di Sampang Wajib Salurkan BLT DD Penuh 12 Bulan

  • Bagikan
ILUSTRASI: Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD)

SAMPANG, Terbitan.com – Setelah pada tahun 2020 kemarin setiap Desa mengalami perbedaan jumlah penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), di tahun 2021 setiap Desa diwajibkan menyalurkan secara penuh yakni 12 bulan.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang, Chalilurrahman melalui Kabid Pembinaan Pemerintahan dan Desa (Bina Pemdes), Irham Nurdayanto, mengatakan tahun 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya, karena menurutnya saat ini diwajibkan menyalurkan BLT DD penuh 12 bulan.

“Beda dengan tahun sebelumnya, karena di 2020 kemarin memang ada keterlambatan informasi dari pemerintah pusat, sehingga sebagian Desa sudah mengalokasikan anggaran Dana Desanya untuk hal lain, di antaranya fisik,” katanya, Kamis (04/03/2021).

Baca juga:  BPRS BAS Sampang Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Menurut Irham, di tahun 2020 kemarin instruksi dari pemerintah pusat turun beberapa kali, yang awalnya wajib tiga bulan, lalu enam bulan hingga akhirnya menjadi sembilan bulan.

“Kalau tahun kemarin itu masalahnya instruksi dari pemerintah pusat turun beberapa kali, sehingga banyak Desa di pencairan DD tahap I sudah dialokasikan untuk hal lain selain BLT,” jelasnya.

Sementara untuk tahun ini, kata Irham, tidak ada alasan bagi Desa untuk tidak menyalurkan BLT DD secara penuh yakni 12 bulan, karena menurutnya segala instruksi sudah rampung di awal.

“Semua Desa wajib 12 bulan penuh, dan tidak ada alasan untuk tidak menyalurkan secara penuh, karena semua instruksi pemerintah pusat sudah sejak awal,” tandasnya

Baca juga:  Masuk Zona Oranye, Pikatan Water Park Ditutup

Disinggung mengenai kapan kira-kira BLT DD di Kabupaten Sampang akan disalurkan, menurutnya saat ini setiap Desa sudah proses pengajuan pencairan, dan ada beberapa Desa yang sudah menerima.

“Jadi saat ini sudah ada sekitar 24 Desa yang sudah menerima anggaran, yakni sudah masuk ke rekening Desa tinggal proses pencairan. Sementara yang lain masih proses pengajuan, ketika cair yang jelas akan segera disalurkan,” imbuhnya.

Baca juga:  Kapolsek dan Koramil  Nonggunong Sumenep,Gandeng Banser dan  Ansor  Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idhul Fitri 1442 H.

Kata Irham karena sudah masuk bulan tiga, BLT DD belum ada yang disalurkan. Nantinya penyaluran akan dirapel. “Penyaluran yang jelas akan dirapel, sesuai pencairan masing-masing Desa,” pungkasnya.

Sekedar untuk diketahui pada tahun 2021 ini semua Desa di Kabupaten Sampang wajib menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) selama 12 dengan jumlah nominal Rp300 ribu per KPM per bulan.

  • Bagikan