Panen Padi di Tangerang, Para Petani Dibantu Anggota TNI

oleh -Views : 13

TANGERANG, terbitan.com – Kodim 0510/Tigaraksa terus menggiatkan Upaya Khusus (Upsus) Pendampingan Pertanian. Dalam program ini, pihak Kodim menerjunkan para anggotanya untuk mendampingi para petani dalam bercocok tanam.

Komandan Kodim (Dandim) 0510/Trs Letkol Inf. Parada Warta N Tampubolon mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini dalam rangka menyukseskan program pemerintah mencapai swasembada pangan. “Melalui para Babinsa, Upsus telah banyak membantu para petani dalam meningkatkan produksi pertanian terutama padi,” ujar Dandim kepada terbitan.com.

Menurutnya, kegiatan Upsus Pertaanian ini juga sebagai implementasi dari wujud Kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dalam Upsus, jajarannya melakukan pendampingan kepada petani mulai dari penyiapan lahan, penanaman, perawatan hingga musim panen.

Terpisah, Danramil 07/Kresek Kapten Arm Gunawan mengatakan, saat ini para Babinsa di wilayahnya juga sedang Upsus, yakni mendampingi petani yang sedang memasuki masa panen. Hingga saat ini, Koramil 07/Kresek Kodim 0510/Trs sudah membina 96 kelompok tani (poktan). Para kelompok tani itu tersebar di dua kecamatan yakni Kresek dan Gunung Kaler.

Dari pantauan terbitan.com pekan ini, setidaknya ada sejumlah Babinsa yang sedang mendampingi para petani yang sedang panen. Salah satunya adalah Pelda Ukar, Bati Tuud Koramil 07/Kresek.

Bersama Kelompok Tani Al Falah yang menjadi binaannya, Pelda Ukar turut serta merontokan padi di Kp.Kandang Gede Rt. 08/03 Desa Kresek. “Luas lahan padi yang dipanen mencapai lima hektare,” ujarnya.

Di sisi lain, Babinsa Desa Kemuning Kresek  Sutoyo dan Serda Warno pada Rabu (10/4) juga terlihat mendampingi petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Harapan Maju. Para petani di wilayah ini memanen padi di areal sawah seluas 10 hektare. “Kami selama ini terus melakukan pendampingan dengan harapan program swasembada pangan tercapai,” ujar keduanya.